7 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Gajih Minim (Kecil)

7 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Gajih Minim (Kecil)
Mengatur keuangan keluarga, manajemen keuangan, keuangan
Mengatur Keuangan Keluarga

Masalah Keuangan dan Ekonomi menjadi salah satu hal terpenting dalam keluarga. Banyaknya kebutuhan dan pengeluaran sering kali menjadi masalah dalam rumah tangga. Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan sudah menjadi hal yang mutlak bagi siapapun, terutama kebutuhan primer dan skunder.

Kadang dalam rumah tangga banyak sekali orang yang tidak bisa mengatur keuangan sehingga di jaman moderen ini banyak sekali orang yang mengeluarkan uang untuk suatu hal yang tidak terlalu penting. Bahkan ada sebagian orang yang mempunyai gajih kecil dan pas-pasan mreka kadang tidak pernah memperhatikan berapa gajih,berapa pengeluaran.

Memang mempunyai gajih kecil sangatlah membingungkan bila kita tidak bisa mengatur antara pemasukan dan pengeluaran. Terutama bagi seorang istri sangat lah penting untuk bisa mengatur management keuangan dalam rumah tangga. 

Bagi anda yang mempunyai gajih kecil atau besar mulailah untuk mengatur pengeluaran keuangan anda. Di bawah ini saya akan menjelaskan cara dan tips mengatur keuangan : 

Tips Mengatur Keuangan Dalam Keluarga Dengan Gajih Kecil 


1. Buat Skala Prioritas

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat skala prioritas. Tulis semua kebutuhan secara urut mulai dari yang paling diprioritaskan terlebih dahulu. Misalnya, jika memiliki tagihan, tulis seluruh tagihan yang dimiliki di prioritas utama.
Dengan begitu, nantinya terlihat berapa banyak jumlah utang yang harus dibayarkan. Dari sana Anda mengerti utang mana yang harus dibayarkan terlebih dahulu.

Tak hanya utang-utang, tulis kebutuhan utama lainnya yang memang penting, yang bersangkutan dengan keuangan anda. Jika Anda merasa kehidupan terlalu mewah, tidak ada salahnya untuk menekan pengeluaran keuangan.

Misalnya, kalau memiliki kebiasaan makan siang di kantin kantor, coba ubah kebiasaan tersebut dengan membawa bekal dari rumah.
Tentunya hal ini akan jauh lebih menghemat pengeluaran sehari-harinya. Untuk transportasi, mungkin bisa mencari alternatif transportasi yang jauh lebih hemat. Maksimalkan untuk pengeluaran hanya memakan 40 persen dari pemasukan yang diterima.

2. Membuat Rencana Keuangan

Rencana keuangan adalah hal yang penting agar tidak terjadi pemborosan dalam hidup. Jika sudah terdapat anggaran, tentu saja Anda bisa mengendalikan diri untuk tidak melanggar batas yang sudah ditentukan.
Rencana anggaran tersebut meliputi pemasukan hingga pengeluaran. Buatlah rencana anggaran keuangan tersebut setiap bulannya.

Jika bisa, gunakan anggaran sebelumnya untuk lebih memperketat anggaran keuangan di bulan berikutnya. Dengan begitu, nantinya Anda bisa menambah terus pundi-pundi tabungan.

3. Sisihkan uang di Awal untuk Ditabung

Meskipun gaji yang Anda miliki sangat minim, tetap saja penting untuk menyisihkan uang untuk ditabung atau investasi. Meskipun jumlah yang ditabung tidak besar, tetap saja ada tabungan yang dimiliki.

Untuk mempermudah Anda dalam menabung, sisihkan pemasukan di awal untuk ditabungkan. Nantinya tabungan tersebut bukan sisa dari kebutuhan sehari-harinya.
Jangan lupa pula untuk menyimpan dana cadangan. Setidaknya, gunakan 10% dari pemasukan untuk tabungan darurat karena Anda tidak akan mengerti kapan musibah dapat datang menghampiri.

4. Tekan Pengeluaran

Pendapatan yang terbilang kecil memang mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan untuk mengatur manajemen keuangan yang baik untuk bisa memenuhi segala kebutuhan hidup. Anda tidak hanya harus memiliki kemampuan tersebut, tapi juga mampu untuk menghemat setiap pengeluaran yang dilakukan per bulannya.

Untuk itu, mulailah perketat pengeluaran yang dimiliki dengan menyisihkan sebagian uang untuk mewujudkan tujuan keuangan yang Anda sudah buat.

Pangkas segala macam biaya yang mungkin tidak perlu. Bahkan, jika perlu, hilangkan berbagai macam pengeluaran yang kurang begitu penting.

5. Menghemat Pengeluaran keuangan untuk Beberapa Aktivitas

Anda dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus untuk menghemat pengeluaran keuangan seperti: membeli makan siang sambil melakukan tugas di luar kantor. Hal ini akan lebih menghemat pengeluaran BBM daripada melakukan beberapa perjalanan sepele yang tidak efisien. Simpan selisih uang ke rekening tabungan secara berkala. Bahkan bila rumah dekat dengan tempat kerja, Anda dapat mengambil makan siang dan kopi di rumah sendiri. Selalu ada cara untuk menghemat uang untuk membuat tabungan, tergantung dari diri Anda sendiri.

6. Sisihkan untuk Investasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, selain menabung, penting pula untuk menyisihkan pemasukan Anda untuk investasi. Pos investasi memang perlu untuk dianggarkan dalam keuangan meskipun gaji yang dimiliki sangat kecil. Namun, jika tidak memungkinkan berinvestasi, Anda bisa mengumpulkan sedikit demi sedikit terlebih dahulu. Misalnya, dalam investasi emas, saat ini Anda bisa membeli emas dengan cara kredit atau melalui tabungan emas.

Menabung tidak akan cukup untuk dijadikan investasi. Hal ini karena bunga tabungan yang memang kecil serta nilai inflasi yang meningkat setiap tahunnya.

7. Kurangi Naik Kendaraan Bermotor

Dengan berjalan atau naik sepeda dibandingkan dengan menggunakan mobil untuk pergi ke toko atau bekerja, Anda akan menghemat uang untuk pembelian bbm. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan manfaat tambahan, yaitu badan yang semakin sehat dengan banyak berolahraga.

Nah itulah tips yang bisa anda lakukan untuk mengatur dan menghemat keuangan keluarga anda, terutama bagi orang yang mempunyai gajih kecil.

Bisnis Finansial

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel