5 Cara Mengoptimalkan Situs Blog Versi Seluler Untuk Kenyamanan Pengunjung

5 Cara Mengoptimalkan Situs Blog Versi Seluler Untuk Kenyamanan Pengunjung
Mengoptimalkan situs seluler, optimasi situs versi seluler, situs blog versi seluler dan responsive,

Dalam banyaknya data yang dikumpulkan, ternyata lalu lintas pencarian versi mobile seluler telah melampaui pencarian desktop sehingga visitor atau pengunjung situs web rata-rata menggunakan perangkat mobile seluler untuk mengakses internet. Dalam kasus ini penting bagi kita untuk mengoptimalkan situs web atau blog menjadi responsive dan mobile friendly sehingga menjadi mudah di akses di semua perangkat termasuk mobile atau seluler.

Meskipun Google mengumumkan masalah situs versi seluler pada tahun 2016 lalu, itu akan diterapkan pada tahun 2018. Oleh sebab itu kita harus menjadikan situs web atau blog kita mudah di akses dengan beralih ke situs versi seluler untuk meningkatkan peringkat SEO di hasil penelusuran.
Pada kesempatan kali ini Mukapedia akan memberikan langkah mudah untuk mengoptimalkan situs atau blog versi seluler. Berikut tipsnya dibawah ini:

Tips Optimasi Situs Seluler

1. Pentingnya kecepatan halaman saat di muat

Waktu memuat memiliki pengaruh besar pada pengalaman pengguna sehingga Anda harus meminimalkan data yang terlalu besar pada situs/blog. Ini bisa kita lakukan dengan cara mengurangi ukuran file dan meningkatkan kecepatan server.

Beberapa file gambar dan video besar, memerlukan terlalu banyak waktu untuk memuat halaman sehingga menjadi lambat. Kita perlu merubah ukuran tanpa merusak kualitas gambar atau video tersebut. Dengan melakukan perubahan ini kita dapat meningkatkan waktu memuat lebih cepat dari sebelumnya.

2. Memahami pentingnya masalah tampilan

Kebanyakan pengguna tidak suka menggeser layar terlalu banyak sampai mereka menemukan informasi yang mereka butuhkan, oleh karena itu bagian yang paling penting dan informasi, bagus bila ditempatkan di bagian atas layar serta pasanglah widget seperlunya. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan peluang konversi.

3. Menggunakan template Mobile responsive

Ponsel datang dari berbagai merek dan berbagai ukuran dan jenis layar serta memiliki sistem operasi Android  yang berbeda atau Apple, sehingga situs blog akan terlihat sedikit berbeda pada tampilan layarnya. Jika situs web atau blog kita tidak responsif, itu tidak akan bekerja dengan baik di beberapa perangkat seluler dan akan memiliki dampak buruk pada pengalaman pengguna.

Desain template responsive dan mobile friendly merupakan hal yang paling penting karena mudah disesuaikan dengan ukuran layar atau sistem operasi yang berbeda sehingga pengguna pun akan merasa nyaman.
4. Tampilan navigasi jelas dan sederhana

Hal ini sangat penting untuk membuat perjalanan pengunjung menelusuri situs web atau blog kita. Misalnya, jika kita membuat menu dan formulir kontak, kita harus mengurangi jumlah bidang entri data menjadi sedikit,padat dan jelas. Bentuk entri panjang dan rumit akan membuat pengguna dan pengunjung enggan.

5. Pentingnya background putih

Warna putih sangat cocok dengan timpaan warna apapun, misalnya anda membuat beberapa element dengan warna apapun itu akan terlihat jelas sehingga memiliki dampak bagus pada pengalaman pengguna. Pengguna menggunakan jari-jari mereka untuk menavigasi melalui berbagai menu dan halaman situs web atau blog kita. Mereka menggunakan layar untuk menggulir ke atas dan kebawah pada halaman sehingga ruang putih sangat penting untuk kita terapkan. Menggunakan banyak warna dan kolaborasi warna yang kurang pas dan tidak jelas bisa membuat pengunjung salah klik, ini merupakan pengalaman buruk bagi pengguna, sehingga pengguna akan menjadi frustrasi dan meninggalkan situs web atau blog kita.

Nah itulah tips untuk mengoptimalkan situs blog versi seluler yang Mukapedia bisa berikan untuk anda.

Silahkan berkomentar mengenai tips ini pada kotak komentar dibawah. Terimakasih..
Blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel