Mengenal 4 Jenis Iklan Youtube Dan Letaknya Pada Video

Mengenal 4 Jenis Iklan Youtube Dan Letaknya Pada Video
Youtube ads, jenis iklan youtube, iklan di youtube, letak iklan youtube,

Youtube merupakan jaringan video yang bisa dibilang paling populer di seluruh dunia. Youtube juga bisa kita manfaatkan untuk tempat promosi dan untuk mendapatkan penghasilan dari kita mengunggah video lalu kita pasangi iklan. Cara ini sering kali di manfaatkan oleh publisher atau yang di sebut dengan youtuber.

Selain itu iklan pada youtube juga menjadi pilihan untuk kampanye eCommerce, karena dengan iklan format video mereka bisa lebih mengoptimalkan penjualannya.

YouTube mempunyai berbagai jenis format iklan yaitu iklan Bumper, Preroll (unskippable), TrueView (dapat dilewati) dan iklan Overlay.

Nah.. Dibawah ini saya akan memberitahu semua jenis iklan YouTube , dan posisi dimana iklan tersebut muncul.
Macam-Macam Iklan Youtube Dan Posisinya Pada Video

1.Iklan Bumper Youtube

Iklan bumper merupakan jenis iklan pendek yang tidak dapat dilewati dan mempunyai durasi maksimal enam detik. Iklan ini diputar sebelum, selama, atau setelah video yang kita pilih.

Iklan ini sering muncul di video YouTube, atau di situs dan aplikasi mitra Google. Dalam sebuah penelitian, YouTube menemukan bahwa 90% Iklan bumper karena jenis iklan ini sangat bagus untuk peningkatan yang signifikan bagi pengiklan.

2.Iklan YouTube Non-Skippable Preroll

Non-skippable, atau Preroll, iklan yang mempunyai format video yang muncul di video youtube baik sebelum, selama, atau langsung setelah konten video yang ditonton. Iklan jenis ini mempunyai durasi sepanjang 15-20 detik.

Kekurangannya iklan ini dapat terlihat mengganggu pemirsa, itulah sebabnya mengapa YouTube mengakhiri iklan 20 detik yang tidak dapat dilewati pada awal 2018. Namun, jika dilakukan dengan benar dan terintegrasi dengan baik dengan konten video, non-skippables dapat membuat pemirsa merasa nyaman.

3.Iklan TrueView Youtube

Iklan TrueView adalah iklan yang bisa kita abaikan atau lewati. iklan jenis ini merupakan iklan populer dan sering dimanfaatkan untuk bisnis eCommerce menengah ke atas karena mereka menawarkan lebih banyak keserbagunaan, menjangkau khalayak yang lebih luas dan menawarkan risiko keuangan terendah bagi pemasar (Pengiklan hanya membayar jika orang menonton atau mengklik iklan jenis ini).

Ada dua jenis utama iklan TrueView: sela dan penemuan.

- Iklan TrueView Sela

Durasi: 12 detik hingga 3 menit
Iklan TrueView diputar sebelum video YouTube yang dipilih, serta di situs dan aplikasi pihak ketiga. Mereka dapat diabaikan setelah 5 detik, oleh karena itu dengan iklan ini kita memiliki lima detik untuk menarik perhatian mereka sebelum pemirsa dapat melewati sebuah iklan. Penting juga untuk menggunakan aset iklan seperti overlay call-to-action (CTA).
- Iklan TrueView Penemuan

Iklan ini Dibayar per klik dan muncul di hasil pencarian YouTube, di samping video dan halaman beranda mobile. Sebelumnya dikenal sebagai Iklan Bergambar, Iklan Penemuan ditampilkan pada video YouTube terkait, hasil pencarian halaman dan homepage. Iklan-iklan ini terdiri dari thumbnail dan teks yang mendorong para pencari untuk menonton video dengan mengklik thumbnail.

4.Iklan Outstream/Overlay

Iklan ini mempunyai posisi dan penempatan di aplikasi seluler: Spanduk, interstisial, di feed, asli, mode potret dan layar penuh

Iklan YouTube outstream adalah iklan video khusus seluler yang ditampilkan di aplikasi mitra atau situs web, dan di luar YouTube. Penayangan hanya dihitung jika lebih dari 50% dimainkan selama dua detik atau lebih lama. Iklan outstream masih relatif baru, yang diluncurkan pada bulan April 2018.

Itulah beberapa macam iklan pada youtube untuk mendongkrak penghasilan serta untuk tempat promosi dan manakah iklan yang paling pas buat anda.

Bisnis Internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel