9 Tips Belajar SEO Untuk Blogspot Secara Bertahap

9 Tips Belajar SEO Untuk Blogspot Secara Bertahap
Tips SEO, SEO bloggger, SEO blogspot, Optimasi SEO
SEO Blogspot

Assallamualaikum..Kembali lagi bersama saya Mukapedia. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips SEO blogspot untuk mengoptimalkan blog supaya mendapat peringkat pertama dan page one di hasil mesin pencarian. Yang bisa kita pelajari secara bertahap.

Ada banyak panduan SEO untuk Blogspot yang bisa ditemukan di Internet dan bisa kita pelajari namun semua itu memerlukan ketelitian dan ketekunan untuk melakukan optimasi terhadap blog anda.

Pada postingan kali ini saya akan berbagi tips SEO Blogspot yang bisa dipelajari dan menerapkannya pada blog sehingga mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil mesin pencarian Google. Jadi disini saya telah mengumpulkan beberapa cara pengoptimalan mesin pencari (SEO) seperti yang saya urutkan dibawah ini :

Tips SEO Blogspot | Cara Optimasi SEO Untuk Blogspot

Ketika kita berbicara tentang SEO, hal pertama yang harus kita ingat adalah bagaimana caranya untuk mengoptimalkan blog. Mungkin anda juga telah banyak mencari informasi di Google tentang cara ini dan mungkin anda mendapatkan banyak penjelasan yang berbeda dari hasil pencarian di Google. Kenapa hasil dan penjelasannya berbeda? Namun yang perlu anda tahu, Tips Seo untuk blogspot mempunyai banyak sekali cara serta kategori yang harus kita lakukan dan semua itu hanya pakar SEO yang memahaminya, sehingga cara,tips,tutorial maupun panduan yang anda temukan di hasil pencarian itu sesuai dari pengalaman masing-masing seorang blogger sama halnya pada postingan yang saya tulis ini.

Sebenarnya SEO pada Blogspot bisa anda raih dengan belajar optimasi yang mencakup kualitas artikel, Bagaimana membuat judul yang unik, riset keyword/kata kunci,memberi atriribut tag pada gambar,dan nilai meta lainnya untuk artikel yang anda buat. Bagi anda yang masih bingung tenang saja karena panduan yang saya berikan di bawah ini akan membantu Anda untuk mempelajari setiap dasar yang Insyaallah akan membuat blog Anda lebih SEO di mesin pencari.

1.Mengatur Format tautan URL postingan

Permalink atau tautan permanen memainkan peran besar yang harus kita gunakan untuk meraih SEO dan peringkat mesin pencari. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dibawah ini:

- Pertahankan jumlah karakter dalam judul posting menjadi 50
- Hapus Stop Words dari permalink (Ex: A, An, The)

Saat menulis posting blog, Anda memiliki opsi untuk mengedit tautan permanen. Opsi ini bisa digunakan untuk merubah permalink/URL postingan dan alangkah baiknya kita menggunakan Kata Kunci di permalink/URL postingan tersebut, sehingga menjadi Permalink atau URL yang lebih SEO-Friendly. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat di halaman lebih lanjut tentang Permalink: Cara Membuat URL Artikel Blogger agar SEO

2.Pertahankan kepadatan kata kunci

Kepadatan kata kunci merupakan aspek paling penting untuk menghasilkan peringkat yang lebih baik di mesin pencarian Google. Jika kita meletakan Kata kunci terlalu sedikit itu akan menyebabkan mesin pencari tidak mengenali postingan blog sehingga menghasilkan peringkat yang buruk pada mesin pencari dan Kita juga jangan terlalu banyak meletakan kata kunci didalamnya karena bisa dianggap memanipulasi mesin penelusuran. Saya biasanya mempertahankan rasio 2% / post. Publikasikan artikel yang relevan untuk memposting judul dan sertakan kata kunci yang diperlukan di pos dan jangan pernah menaruh terlalu banyak kata kunci. Tetapi setelah selesai menulis, Anda dapat menganalisis seluruh pos untuk menemukan lokasi yang sesuai di mana kata kunci dapat dimasukkan dengan aman tanpa mengganggu pembaca.

Untuk menentukan kata kunci yang tepat anda bisa pelajari Cara Riset Keyword Untuk Mencari Kata Kunci Di Google AdWord  atau dengan Cara Mencari Keyword Turunan Yang Relevan yang pernah saya tulis pada postingan sebelumnya.

3.Judul label harus sesuai dengan isi postingan didalamnya

Label bisa menambah kepadatan kata kunci dari posting blog sehingga Berpengaruh Pada SEO. Saya akan menjelaskan hal ini dengan contoh: Ketika Anda memposting tentang Google Chrome dan menempatkannya ke Label perangkat lunak atau browser Windows label, itu merupakan suatu hal yang salah sehingga anda akan melewatkan kata kunci seperti browser Chrome, Google chrome, dll.

Untuk belajar membuat judul postingan anda bisa ikuti langkah-langkah berikut tentang 5 Cara Bagaimana Membuat Judul Konten/Artikel Yang Unik

4.Format judul posting Blogger di hasil Pencarian

Ketika kita belajar tentang SEO Blogspot, judul posting memainkan peran utama. Judul posting Blogger di hasil penelusuran biasanya awali dengan judul Blog.

Seharusnya judul post " Cara optimasi blogger “ Tapi judulnya tersebut diawali dengan judul blog anda menjadi "JUDUL BLOG : Cara optimasi blog….", dan ini akan berpengaruh terhadap kualitas judul terhadap SEO.

Berikut ini cara memperbaikinya. Buka Dashboard blog kemudian edit HTML> cari kode dibawah ini:

title><data:blog.pagetitle/></title>

dan menggantinya dengan

<b:if cond= 'data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> 
<title><data:blog.title/></title> 
<b:else/> 
<title><data:blog.pageName/></title> 
</b:if>

Sekarang masing-masing halaman akan memiliki judul posting itu sendiri.

5.Optimasi Gambar Blogspot untuk SEO

Mengoptimalkan gambar adalah dengan cara menambahkan tag alt dan tag judul di setiap gambar postingan. Di WordPress, ini dapat dengan mudah dicapai dengan menggunakan plugin tetapi di BlogSpot, ini perlu dilakukan secara manual. Anda harus memasukkannya secara manual setelah mengunggah setiap gambar. Berikut adalah panduan selanjutnya Cara Menambahkan ALT Tag dan Title Tag Pada Gambar Postingan

6.Beri tag meta

Meta tag adalah tag HTML yang digunakan oleh mesin pencari untuk mengidentifikasi judul, deskripsi, dan rincian lain dari URL. Mereka tidak memiliki banyak pengaruh pada pencarian seperti cara yang lainnya, tetapi akan sedikit berdampak pada kata kunci yang ditargetkan.

7.Berikan judul, deskripsi, dan teks footer yang bagus

Judul, footer, dan deskripsi memainkan peran penting dalam mengoptimalkan SEO agar mendapatkan hasil yang baik di mesin telusur.  Jika Anda mengatakan, beberapa kata kunci, pastikan bahwa Anda memasukkan kata kunci tersebut di tempat yang disebutkan di atas.

8.Tautan eksternal Nofollow

Nofollow adalah atribut HTML yang ditentukan pada hyperlink untuk memblokir keuntungan mesin pencari dari tautan eksternal di situs web. Di Blogger, Anda dapat memilih bagian HTML dari jendela pos dan menambahkan atribut rel = "nofollow" tepat apabil mesin pencari merayapi tautan tertentu.

9.Komentar

Bagian Komentar seharusnya tidak diikuti dan dimoderasi untuk menghindari komentar spam. Cobalah untuk memasukkan kata kunci posting ketika Anda membalas komentar pembaca. Ini juga akan menambah kepadatan kata kunci total posting. Karena Google telah mengintegrasikan Google plus formulir komentar dengan Blogspot, Ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan interaksi media sosial yang lebih tinggi dan berbagi untuk posting Anda.

Setelah anda mengikuti beberapa tips SEO pada blog di atas perlu beberapa waktu untuk merasakan hasilnya dan semuanya tidak instan.

Semoga artikel ini bermanfaat buat anda yang lagi mencari cara optimasi SEO untuk blogspot secara bertahap dan mari kita belajar bersama sama… terima kasih. Blogger

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel