6 Ciri Dan Contoh Paragraf Persuasif (Kalimat Persuasif) Lengkap

6 Ciri Dan Contoh Paragraf  Persuasif (Kalimat Persuasif) Lengkap
Contoh paragraf persuasif

Paragraf Persuasif atau Kalimat Persuasif adalah jenis paragraf yang mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis dengan disertai dengan bukti dan fakta (benar-benar terjadi). Tujuannya adalah agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat yang ditulis pada kalimat tersebut adalah benar dan terbukti dan juga melaksanakan apa yang menjadi ajakan dari ide tersebut.

Paragraf persuasif memiliki sebuah kesamaan kalimat dengan paragraf
argumentasi, bedanya paragraf persuasif lebih cenderung mengandung kalimat yang menjadi sebuah ajakan. Sebuah paragraf dapat dikatakan sebagai kalimat persuasif jika memiliki beberapa ciri berikut:

Kalimat yang isinya undangan.
Ungkapan persuasi harus menggunakan kata seru, mengapa demikian? Nah, persuasif frase hampir sama dengan baris perintah, persuasif frase menggunakan tanda seru.
Frase persuasif umumnya digunakan dalam bahasa iklan, slogan, daya tarik, dan sebagainya.
Kalimat persuasif sering kata kata  ayo ,  mari , dan lain-lain.

Ciri-ciri paragraf persuasif :
  1. Persuasif berasal dari pendirian bahwa pikiran manusia dapat diubah. 
  2. Harus menimbulkan kepercayaan para pembacanya.
  3. Persuasif harus dapat menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui
  4. kepercayaan antara penulis dengan pembaca.
  5. Persuasif sedapat mungkin menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapatnya tercapai.
  6. Persuasif memerlukan fakta dan data.
Seperti sebelumnya, paragraf persuasif atau kalimat persuasif adalah frasa yang berisi perintah, dll. Frase persuasif ini biasanya digunakan untuk penggunaan kalimat dalam slogan pada, iklan, dll.

1. Contoh paragraf persuasif tentang pendidikan

pemerintah pada tahun 2018 telah mengeluarkan dana sebesar 444 triliun rupiah yang dikhususkan untuk pendidikan nasional. Dana tersebut diwujudkan beasiswa, bantuan sarana prasarana, dan kebutuhan lainnya dibidang pendidikan. Sudah sepatutnya kita sebagai pelajarmemanfaatkan itu semua dengan sebaik-baiknya khusus untuk menimba ilmu di dunia pendidikan dan tidak menggunakannya untuk keperluan lain. Oleh karena itu marilah kita terus belajar dan belajar dengan giat.

2. Contoh paragraf persuasif tentang iklan

Banana Midori adalah makanan sehat siap saji, kaya akan vitamin dan protein, dan lezat untuk dikonsumsi, berbagai macam varian rasa yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Ambilah uangmu dan belilah banana Midori sekarang juga sebelum kehabisan. buruan. !

3. Contoh Paragraf Persuasif Tentang Pertanian

Kegiatan pemupukan dengan menggunakan pupuk kimia dapat mempercepat pertumbuhan pada tanaman. Dengan mempercepat pertumbuhan tanaman maka akan dapat memberikan keuntungan yang melimpah bagi petani dari hasil panen yang lebih cepat. Namun, Terdapat dampak negatif yang ditimbulkan oleh pupuk kimia, yaitu menimbulkan pengaruh negatif terhadap lingkungan. Selain itu penggunaan pupuk kimia juga dapat membuat buah yang dihasilkan terkontaminasi dengan pupuk kimia ini sehingga kualitasnya berkurang. Oleh sebab itulah beralihlah ke pupuk kompos yang murah dan terjangkau juga aman bagi hasil panen.

4. Contoh paragraf persuasif tentang kesehatan

pergantian musim sering ditandai dengan masyarakat yang semakin banyak terkena penyakit. Kondisi tersebut sering disebut sebagai musim pancaroba.tidak sedikit dari masyarakat yang terserang penyakit seperti flu batuk demam dan lain sebagainya.hal tersebut dikarenakan sistem imun tubuh kita cukup rentan untuk terserang penyakit dan juga kondisi tubuh kita belum siap untuk menghadapi perubahan cuaca. oleh karena itu dalam menghadapi perubahan musim kita harus menjaga kondisi tubuh kita dengan cara memperbanyak olahraga dan mengkonsumsi makan makanan yang sehat. Dengan begitu tubuh kita akan menjadi lebih prima dan resisten terhadap serangan penyakit.

5. Contoh paragraf persuasif tentang lingkungan

Dewasa ini bencana sering terjadi di mana-mana. Hal tersebut dikarenakan kondisi alam kita yang mulai tidak sehat. kondisi alam yang tidak sehat tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor namun faktor yang paling berpengaruh terhadap kondisi tersebut adalah faktor manusia. perilaku manusia yang tidak bersahabat dengan lingkungan seperti membuang sampah sembarangan membakar hutan menambang kekayaan bumi tanpa adanya reboisasi mengakibatkan kualitas lingkungan menurun. Sudah semestinya kita sebagai umat manusia selalu menjaga kelestarian lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembaranganDan gemar menanam pohon.

Sumber lain:
https://mainichicreative.blogspot.com/2017/03/teks-persuasi-pengertian-tujuan-ciri.html
http://saungpendidikan.blogspot.com/
https://www.galinesia.com/2017/11/contoh-paragraf-persuasi-lengkap-dengan.html Contoh Surat Info Lainnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel