Pengertian dan Penjelasan Daur Karbon Beserta Contohnya

Pengertian dan Penjelasan Daur Karbon Beserta Contohnya
Pengertian dan Penjelasan Daur Karbon - Setelah sebelumnya sudah saya bahas tentang pengertian daur nitrogen kali ini saya akan tulis artikel tentang pengertian daur karbon. Di atmosfer terdapat kandungan CO2 sebanyak 0.03%. Sumber-sumber CO2 di udara berasal dari respirasi manusia dan hewan, erupsi vulkanik, pembakaran batu bara, dan asap pabrik.

Karbon dioksida di udara di manfaatkan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis dan menghasilkan oksigen yang nantinya akan digunakan oleh manusia dan hewan untuk berespirasi.
Pengertian dan Penjelasan Daur Karbon Beserta Contohnya

Hewan dan tumbuhan yang mati, dalam waktu yang lama akan membentuk batu bara di dalam tanah, batu bara akan di manfaatkan lagi sebagai bahan bakar yang juga menambah kadar CO2 di udara.

Di ekosistem air, pertukaran CO2 dengan atmosfer berjalan secara tidak langsung, Karbon dioksida berikatan dengan air membentuk asam karbonat yang akan terurai menjadi ion bikarbonat. Bikarbonat adalah sumber karbon bagi alga yang memproduksi makanan untuk diri mereka sendiri dan organisme heterotrof. Sebaliknya saat organisme air berespirasi , CO2 yang mereka keluarkan menjadi bikarbonat. Jumlah bikarbonat dalam air adalah seimbang dengan CO2 di air.

Sekian artikel tentang pengertian apa itu Daur Karbon dan penjelasannya, semoga bermanfaat amin.
Info Lainnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel