2 Cara Mengatasi Printer Masuk Angin

2 Cara Mengatasi Printer Masuk Angin
Printer merupakan alat cetak yang berfungsi untuk mencetak dokumen atau gambar pada komputer, printer juga sering mengalami masalah jika dalam pemakain kurang di perhatikan seperti masalah printer masuk angin. Apa lagi printer yang sudah di pasang modifikasi infus ini, yaitu pemasangan alat untuk wadah tinta di luar printer.

Masalah printer infusan / modifikasi yang paling sering terjadi adalah tinta tidak mau keluar ke selang dan turun ke catridge atau sering di bilang masuk angin, ini terjadi karena terdapat ruang udara yang masuk di dalam selang tempat jalannya tinta dari tabung menuju ke catridge, mungki sobat yang punya printer infusan pernah mengalami masalah seperti ini.

2 Cara Mengatasi Printer Masuk Angin

Printer yang masuk angin terjadi karena beberapa hal :
  • Masalah di L knee atau biasa di sebut L penyambung antara ujung selang infus yang menuju ke catridge.
  • Karet neple sobek.
  • Saat melobangi di catridge terlalu besar.
  • Bibir lobang catidge pecah.
  • Printer yang jarang di pakai.
Mengatasi Printer Masuk Angin
Jadi bagaimana cara mengatasinya printer masuk angin ? Saya akan memberikan tips dan cara mengatasinya, ada dua cara yang akan saya sarankan disini, apapun masalahnya tidak ada salahnya kita coba dulu cara jitu berikut :

Cara pertama :

1. Lakukan Deep Cleaning terlebih dahulu, jika belum tau caranya lihat gambar di bawah, klik Start no.1 klik Device and Printer no.2.

Mengatasi Printer Masuk Angin

2. Kemudian cari printer yang aktif biasanya yang ada ceklis hijau klik kanan no.3 dan pilih Printer Propertis no.4.

Mengatasi Printer Masuk Angin

3. Setelah keluar halaman ini pilih Maintenance no.5 dan klik Deep Cleaning no.6.

Mengatasi Printer Masuk Angin

Printer akan proses cleaning, lihat selang tinta mengalir atau tidak, jika tinta mengalir ke catridge berarti berhasil, jika di Deep Cleaning beberapa kali tetap tidak mau pake cara yang kedua.

Sebelum mulai siapkan peralatan :
  • Suntikan.
  • Selang kecil yang berbahan karet ( dipasang di ujung suntikan menggantikan jarum suntik )
  • Tissu.
Cara Kedua :

1. Pada selang yang masuk angin lepas L knee dari catridge yang nancab di cartidge, periksa sekalian karet neplenya yang berada di catridge kira kira sobek apa tidak, jika sobek ganti yang baru agar kita tidak kerja dua kali.

Mengatasi Printer Masuk Angin

2. Tancapkan ujung selang karet suntikan ke dalam ujung selang infusan.

Mengatasi Printer Masuk Angin

3. Sedot hingga angin yang di dalam selang infus hilang, pastikan semua selang terisi tinta kembali dari ujung ke ujung.

Mengatasi Printer Masuk Angin

Setelah selesai segera pasang kembali selang infus ke dalam catridge, dan tahap akhir lakukan Deep Cleaning lagi sampai benar benar tinta normal kembali. Lakukan Deep Cleaning seperti panduan di atas.

Itulah cara mengatasi printer masuk angin yang tintanya tidak mengalir ke selang, semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba. Komputer Printer Tips Dan Trik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel