Apa Perbedaan SEO dan SEM? Penjelasannya Dalam Digital Marketing

Apa Perbedaan SEO dan SEM? Penjelasannya Dalam Digital Marketing
Apa Perbedaan SEO dan SEM? Penjelasannya Dalam Digital Marketing

Bila kamu baru pertama kali terjun ke dunia digital marketing, maka kamu akan sering mendengar istilah Search Engine Optimization atau SEO dan SEM. Keduanya memiliki perbedaan dan peran penting terhadap digital marketing seperti yang akan kita bahas sibawah ini:

Perbedaan SEO dan SEM pada Digital Marketing

Apa itu SEO?
SEO adalah salah satu teknik untuk meningkatkan posisi website kamu di halaman pertama search engine atau mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo. Intinya Manfaat SEO mempunyai peran penting terhadap digital marketing untuk memaksimalkan setiap halaman website kamu agar mudah ditemukan dan dikunjungi orang dengan target kata kunci yang sesuai.

Sebagai contoh bila kamu mengetik kata “Indonesia” di Penelusuran Google, maka yang akan muncul paling atas adalah Wikipedia.

Wikipedia melakukan optimisasi pada halaman website sehingga ketika orang mencari kata Indonesia akan muncul halaman Indonesia dari website Wikipedia. Untuk melakukan proses SEO ini dibutuhkan ketrampilan dan ketekunan. Teknis SEO membutuhkan waktu minimal 3 bulan agar terlihat hasilnya secara optimal. Teknis SEO ini tidak dibutuhkan biaya (kecuali bila kamu ingin kursus bagaimana melakukannya).

Dalam teknis SEO dibutuhkan ketrampilan analisis, kompetitif, dan strategis. Dibutuhkan analisa karena kamu perlu meneliti terlebih dahulu kata kunci apa yang akan kamu target di website yang juga paling banyak dicari. Melakukan teknis SEO juga bersifat kompetitif, karena sayangnya bukan hanya kamu sendiri yang melakukan teknis SEO dan menginginkan traffic tinggi di website. Sehingga kamu memiliki strategi bagaimana agar website kamu dapat mengalahkan pesaing lain dan muncul pada halaman pertama search engine.

Apa itu SEM ?
SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing. Manfaat SEM juga memiliki peran dan merupakan strategi yang paling penting dalam digital marketing untuk memunculkan website di halaman utama search engine. Bila teknis SEO tidak dibutuhkan biaya alias free, sebaliknya SEM membutuhkan biaya. Namun, hasil SEM akan cepat terlihat bergantung dari berapa besar dana yang dialokasikan. Ketika kamu mencari baju batik online, maka akan muncul beberapa website di atas dengan tulisa Ad warna kuning di bawah judul. Ini merupakan SEM.

Ketika kamu klik website dengan logo Ad kuning tersebut, maka website yang memasang iklan tersebut akan dikenakan biaya. Jadi biaya yang dikeluarkan tergantung dari jumlah klik yang didapat atau biasa disebut PPC atau Pay Per Click. Bentuk iklan SEM tidak hanya berupa tulisan namun juga dapat berupa gambar seperti berikut ini. Perhatikan baik-baik tanda silang dan tanda seru di bagian ujung kanan atas kotak iklan, ini merupakan ciri khas dari Google Image Ads.

Iklan teks dan gambar merupakan bagian dari produk Adwords. Adwords merupakan platform Google untuk memudahkan para pengiklan mengatur budget dan strategi iklan online dengan menggunakan metode PPC atau Pay Per Click. Selain iklan teks dan gambar, Adwords juga memiliki YouTube Ads berupa video dan Retargeting Ads atau sistem yang terus memunculkan iklan yang sama hingga melakukan action atau transaksi untuk ecommerce.

Apa teknik digital marketing terbaik untuk pemula yang ingin meningkatkan traffic ? Tergantung dari apa tujuan dan biaya yang kamu miliki. Bila kamu ingin traffic tinggi dalam waktu singkat dan memiliki dana, kamu dapat memanfaatkan SEM. Namun disarankan anda melakukan kedua teknis SEO dan SEM pada digital marketing secara bersamaan agar memberikan hasil optimal. Bisnis Info Lainnya Internet

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel